Strategi UMK Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi

(Studi Pada Warkop Reborn Di jalan Margorejo Gg. Masjid Kec. Wonocolo Surabaya Jawa Timur)

Authors

  • Amar Ma’ruf Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author
  • Bahrul Huda Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author

Keywords:

Strategi UMK, Tantangan Globalisasi

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) memainkan peran penting dalam meningkatkan perekonomian lokal dan memberikan porsi yang cukup besar terhadap perekonomian suatu negara. Keberadaan usaha kecil dan menengah sangat penting dan bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian suatu negara serta dapat mendistribusikan pendapatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi Warkop Reborn sebagai UMK dan strategi yang perlu diterapkan oleh usaha kecil dan menengah lainnya agar dapat bertahan dan berkembang dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Penelitian yang mengkaji hubungan, aktivitas, dan kualitas berbagai situasi dan materi. Hal ini karena penelitian kualitatif memungkinkan adanya gambaran rinci tentang aktivitas dan situasi apa yang sedang berlangsung. Studi ini menunjukkan bahwa di era globalisasi, Warkop Reborn menghadapi berbagai tantangan, antara lain persaingan global, perubahan preferensi konsumen, akses terhadap teknologi, regulasi yang rumit, dan keterbatasan sumber daya manusia, termasuk kesulitan dalam menggalang modal menghadap. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Warkop Reborn menerapkan strategi kustomisasi produk, promosi digital, layanan pelanggan kelas dunia, kolaborasi dengan pemasok lokal, pengelolaan keuangan yang efisien, dan inovasi teknologi. Strategi-strategi tersebut dapat menjadi contoh bagi usaha kecil lainnya untuk mengatasi tantangan globalisasi.

References

Agung, M., & Hendra, H. (2023). Inovasi Produk Dalam Konteks Pemasaran Internasional: Strategi Dan Implementasi. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2523–2528. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13306

Alhifni, A. (n.d.). Jurnal Syarikah P-ISSN 2442-4420 e-ISSN 2528-6935 Volume 5 Nomor 1, Juni 2019.

Anugerah Christian Putra. (2022). PENGARUH PERTUMBUHAN PDRB USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SURABAYA. Jurnal Lemhannas RI, 10(2), 65–78. https://doi.org/10.55960/jlri.v10i2.278

Asep Risman, & Mustaffa, M. (2023). LITERASI KEUANGAN BAGI UMKM: Laporan Keuangan Untuk Pengembangan Usaha UMKM. Jurnal Abdimas Perbanas, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.56174/jap.v4i1.521

Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (n.d.). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Dhiah Fitrayati, A. K. (2014). Strategi Pengembangan UKM Batu Arca Di Desa Wate Sumpak Dalam Menghadapi Era Globallisasi.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1).

Faizah, N. H., & Suib, M. S. (2019). UMKM DALAM PERSAINGAN DI ERA GLOBALISASI EKONOMI (Studi di UKM Hunay Probolinggo). 3(2).

Fauzi, H. (2020). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA PENGUATAN UMKM JABAR JUARA NAIK KELAS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 247–255. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.324

Loredah Paulina Nainggolan, Ari Pradhanawati, & Wahyu Hidayat. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Stove Syndicate Cafe di Semarang).

Maulana, N. & Zulfahmi. (2022). Potensi Pengembangan Industri Halal Indonesia di Tengah Persaingan Halal Global. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 136–150. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.32465

Nofiani, P. W., & Mursid, M. C. (2021). PENTINGNYA PERILAKU ORGANISASI DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI ERA DIGITAL. 11.

Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM HALAL DI JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3109

Rani, A. E., Baihaqi, I., & Bramanti, G. W. (2017). Analisis Pengaruh Atribut Kemitraan Terhadap Kolaborasi dan Kinerja Pada Industri Foodservice Di Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2), D263–D266. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25721

Ratiyah, R., Hartanti, H., & Setyaningsih, E. D. (2021). Inovasi dan Daya Kompetitif Para Wirausahawan UMKM: Dampak dari Globalisasi Teknologi Informasi. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 5(2), 152–163. https://doi.org/10.31294/eco.v5i2.10582

Rudini, M. (2020). TOLIS ILMIAH: JURNAL PENELITIAN. JURNAL PENELITIAN, 2(2).

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat.

Published

2024-12-27

How to Cite

Strategi UMK Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi: (Studi Pada Warkop Reborn Di jalan Margorejo Gg. Masjid Kec. Wonocolo Surabaya Jawa Timur). (2024). Excess: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(02), 32-44. https://fe.ugk.ac.id/index.php/excess/article/view/19