Pengaruh Kepercayaan dan Diskon Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Gopay di Surabaya

Authors

  • Elsa nur khabibah Universitas Negeri Surabaya Author
  • Ayu Eka Refaliana Universitas Negeri Surabaya Author

Keywords:

Trust, Promotion, Discount, Customer Loyalty, Gopay Users

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana diskon dan kepercayaan mempengaruhi loyalitas pengguna aplikasi GoPay di Surabaya. Peneliti menggunakan strategi penelitian kuantitatif asosiatif dengan sample warga Surabaya baik warga asli maupun pendatang usia 17 hingga 50 tahun sebanyak 100 responden melalui kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar  67,2%. Sedangkan diskon tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar –13,1%. Secara simultan, kepercayaan dan diskon memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam menciptakan loyalitas pelanggan sebesar 57,1%.

References

Anam, Muhammad Syariful, Dian Luthvita Nadila, Tara Ayu Anindita, and Rina Rosia. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4(1): 120–36.

Anggraini, Fifin, and Anindhyta Budiarti. 2020. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 8(3): 86–94.

Berliana, Miranda, and Dinda Amanda Zulestiana. 2020. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Dan Loyalty Pada Pengguna Gopay Di Indonesia.” REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) 4(2): 11.

Estu Prayoga, Deni, and Hari Purwanto. 2023. “SIMBA SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 5 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 5 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Madiun PENGARUH PROMOSI, DISKON, DAN DISPLAY PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PT MATAHARI DEPAR.” (September).

Gatot Efrianto, and Nia Tresnawaty. 2021. “Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Penggunaan Fintech Di Kalangan Masyarakat Kabupaten Tangerang Banten.” Jurnal Liabilitas 6(1): 53–72.

GOFUR., ABDUL. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Roti Bakar.” Jurnal Riset Manajemen 1(3): 266–85.

Henggrawan, Putu Agung, Nita Anggraini. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Diskon, Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Denpasar.” Sustainability (Switzerland) 11(1): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

InsightAsia. 2024. “GoPay: Largest Market Share and the Strongest Consumer Loyalty.” https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr.1kWMdWlniOgRG31XNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Nj/RV=2/RE=1736174220/RO=10/RU=https%3A%2F%2Finsightasia.com%2Fgopay-largest-market-share-and-the-strongest-consumer-loyalty%2F%23%3A~%3Atext%3DGoPay%2520holds (June 16, 2024).

Iradianty, Aldilla. 2021. “Digital Payment: Perspektif Gender Dalam Pemilihan Jasa Pembayaran Digital.” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) 18(1): 34–45.

Latief, Fitriani, and Yuswari Nur. 2019. “Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Minat Konsumen Sistem Pembayaran Gopay Pada Layanan Gojek.” Bongaya Journal for Research in Management (BJRM) 2(2): 1–11.

Marcelin, A. H., Sidanti, H., & Setiawan, H. 2024. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, DISKON, DAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI BUKALAPAK. COM DI KARISIDENAN MADIUN.” SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi 6(September).

Nasution, Riki Amelia, Yudi Prayoga, and Abd. Halim. 2022. “The Influence of Ease of Use, Privacy, Security and Efficiency on Shopping Decisions Using the TikTok Shop.” Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation 2(6): 895–902.

Nurhayati, Siti. 2020. “Pengaruh Brand Trust, Brand Experience Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, VII(2): 36–46.

“Probability Sampling vs. Non-Probability Sampling.” 2017. BINUS UNIVERSITY.

Putra, Rio. 2021. “Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 2(4): 516–24.

Rahmani, Anisa Putri. 2022. “Pengaruh Kenyamanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 5(2): 988–1001. https://journalkopin.acd/index.php/fairvalue.

Retnofuri, Lenny et al. 2024. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Masyarakat Desa Bedoyo.” 1.

Reynaldy, Bryan. 2024. “96% Masyarakat Indonesia Sudah Menggunakan E-Wallet.” GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/96-masyarakat-indonesia-sudah-menggunakan-e-wallet-itxIc (July 24, 2024).

Sambodo Rio Sasongko. 2021. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3(1): 104–14.

Sari, Y D K. Khadijah, S N. 2022. “Pengaruh Penggunaan E-Wallet Dan Gaya Hidup Terhadap Spending Behavior Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gresik.” Jurnal Penelitian … 1(1): 8–16. https://journal.pbnsurabaya.co.id/index.php/jupm/article/view/5%0Ahttps://journal.pbnsurabaya.co.id/index.php/jupm/article/download/5/3.

Sebastian, Aaron, and Rudy Pramono. 2021. “Pengaruh Perceived Value, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Outlet Nike Di Jakarta.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 4(3): 698–711.

Tri Anggono, Buyung Nova, . Istiatin, and Solichul Hadi A B. 2020. “Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay.” Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi 15(1): 144–53.

Wandi, Didi. 2022. “Pengaruh Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Integrasi Sumber Daya Manusia 1(1): 21–30.

Widiyanti, Wiwik. 2020. “Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO Di Depok.” Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan 7(1): 54–68.

Wijaya, Eni, and Riauli Susilawati. 2022. “Pengaruh Persepsi Risiko Dan Kepercayaan (Trust) Pada Adopsi Layanan Fintech (Studi Kasus Pada Layanan Pembayaran Digital Gopay).” Indonesian Accounting Literacy Journal 2(1): 202–9.

Published

2025-05-07

How to Cite

Pengaruh Kepercayaan dan Diskon Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Gopay di Surabaya. (2025). Excess: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(01), 16-30. https://fe.ugk.ac.id/index.php/excess/article/view/32