Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Masyarakat Desa Bedoyo

Authors

  • Lenny Retnofuri Universitas Gunung Kidul Author
  • Nurdiana Tri Mulatsih Universitas Gunung Kidul Author

Keywords:

e-commerce, minat berwirausaha, pengaruh, kebijakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha masyarakat Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang diperoleh merupakan data primer dan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana serta alat analisis berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha masyarakat Desa Bedoyo. Maka dari itu perlu adanya pembaruan kebijakan ataupun peningkatan penggunaan e-commerce untuk mendorong masyarakat memanfaatkan e-commerce sebagai media berwirausaha.

References

Abrar, M. (2020). Bagaimana Peluang Pengguna E-commerce, E-Banking dan Internet di Indonesia? Kajian Ekonomi dan Keuangan, 4(3). Retrived from https://s.id/24eIQ

Azizah, R. K., & Pahlevi, T. (2021). The Effect Of Enterpreneurship Education And Family Environment On Enterpreneurial Interests Through Self-Efficacy. Jurnal PIJAR, 5(5). Retrieved from https://s.id/24w1k

Badan Pusat Statistik, (2024). Kabupaten Gunungkidul Dalam Angka 2024, Diakses pada 7 Mei 2024. Retrived from https://gunungkidulkab.bps.go.id/publication.html

Badan Pusat Statistik, (2023). Kecamatan Ponjong Dalam Angka 2023, Diakses pada 7 Mei 2024. Retrived from https://gunungkidulkab.bps.go.id/publication.html

Bahtiar, R. A. (Juni 2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-commerce di Indonesia. Pusat Penelitian Sekertariat Jendral DPR RI. Retrieved from https://s.id/24eFS

Budianto, A. E. (2020). Analisis Bisnis E-commerce. Malang: Media Nusantara Creative (MNC Publishing). Retrieved from https://s.id/24eLP

Budianto, A. E. (2020). Analisis Bisnis E-commerce. Malang: Media Nusantara Creative (MNC Publishing). Retrieved from https://s.id/24eLP

Chalimi, N. F. (2021). Aplikom Statistik berbasis SPSS. Kediri: Lembaga Chakra Brahmanda Lentera. Retrieved from https://shorturl.asia/bgDyv

Farhani, H., Raihan, R., & Sekarni, R. A. (2021). Pola Konsumsi Generasi Milenial Dalam Belanja Online (E-commerce) Pada Masa Pandemi Covid-19. Kinerja, 4(1). Retrieved from https://s.id/24eGG

Hendriawan, M. A., Setyaningrum, I., & Ariani, M. (2021). Perkembangan Dan Dampak Positif Dan Negatif E-commerce Bagi UMKM Sektor Furnitur Dan Konsumen. CALYPTRA, 9(2). Retrieved from https://surl.li/rzgpk

Kharimah, L. N., Shafwan, V. A.-f., & Tambunan, N. (2023). Analisis Inflasi Terhadap Pengangguran Di Indonesia. Community Development Journal, 4(2). Retrieved from https://s.id/24w0N

Matondang, Z., & Nasution, H. F. (2022). Praktik Analisis Data: Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS. Medan: Merdeka Kreasi Group. Retrieved from https://shorturl.asia/kaGpv

Munthe, Y. U., & Nawawi, Z. M. (2024). Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran . Journal Of Management and Busines, 3(1). Retrieved from https://s.id/24w1v

EXCESS : Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, Volume 1 Nomor 2 (2024)

E-ISSN: 3062-9993

Naben, M. N. (2023). Analisis "Predatory pricing" Tiktok Shop di Tengah Pemanfaatan Media Sosial Bagi UMKM Indonesia. Prosiding Seminar Nasional. Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya. Retrieved from https://surl.li/rzgps

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik. Sukoharjo: Pradina Pustaka. Retrieved from https://s.id/24eZf

Pramitha, D. S., Ariadi, Y. D., Chrismilasari, L. A., Millati, R., Sita, M., Sagitarini, P. N., . . . Damaiyati, M. (2022). Meraih Mimpi Merajut Cita-Cita, I Become Greet Nurse. Cirebon: Yayasan Wiyata Bastari Samasta. Retrieved from https://s.id/24eSq

Prayitno, G., Subagyo, A., Dinanti, D., & Sari, N. (2021). Smart Village. Malang: Universitas Brawijaya Press. Retrieved from https://s.id/24eVk

Rahman, K. G. (2021). Good Governance Dan Pengendalian Internal Pada Kinerja Pengelolaan Keuangan. Tasikmalaya: Edu Publisher. Retrieved from https://s.id/24eYK

Rehatalanit, Y. (2016). Peran E-commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5. Retrieved from https://s.id/24eHv

Rianda, C. N. (2020). Analisis Dampak Pengangguran Berpengaruh Terhadap Individual. Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 12(1). Retrieved from https://s.id/24w1m

Riphat, S. (2021). Pajak E-commerce: Sebuah Regulasi Perpajakan Bagi Pelaku Bisnis. Yogyakarta: Elex Media Komputindo. Retrieved from https://s.id/24eM3

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Mnajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://s.id/24eYx

Roosdhani, M. R. (2022). Modul Ajar E-commerce. Solok: Penerbit Mitra Cendekia Media. Retrieved from https://s.id/24eMc

Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Kencana (Prenada Media). Retrieved from https://s.id/24eNv

Salsabila, S., & Rohman, A. (2023). Identifikasi Minat Memilih Karier Wirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Ilmiah Managemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 7(2). Retrieved from https://s.id/24w1F

Saputra, F., Mahaputra, M. R., & Maharani, A. (2023). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan terdadap Motivasi dan Minat Berwirausaha (Literarure Review). Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta (JKMT), 1(1). Retrieved from https://surl.li/rzgoj

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylatter Terhadap Perilaku Impluse Buying Pengguna E-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1). Retrieved from https://ly/7wxjssi

Sari, A. R., & Prijanto, B. (2022). Hubungan Kusalitas: Etika Profesi, Etika Manajerial, dan Elemen Modal Intelektual dengan Kualitas Audit. Bandung: Feniks Muda Sejahtera. Retrieved from http://surl.li/tlhrqm

EXCESS : Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, Volume 1 Nomor 2 (2024)

E-ISSN: 3062-9993

Simanjuntak, S. D. (2020). Statistik Penelitian Pendidikan dengan Aplikasi Ms.Excel dan SPSS. Surabaya: Jakad Media Publishing. Retrieved from https://s.id/24eYY

Stiadi, M., Kurniadi, H., Titing, A. S., Wonu, R. A., & Hendrik. (2022). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur. BAKTI BANUA, 3(2). Retrieved from https://s.id/24eI6

Suryani, L. (2022). Peningkatan Komitmen Profesi Melalui Iklim Organisasi, Kepribadian Dan Kepuasan Kerja Dosen. Jakarta: Cipta Media Nusantara. Retrieved from https://s.id/24eYE

Sutha, D. W. (2021). Biostatistika. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing). Retrieved from https://shorturl.asia/4gUrb

Taime, H., & Djaelani, P. N. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran di Kabupaten Mimika. Journal Of Economics And Regional Science, 1(1). Retrieved from https://s.id/24w0X

Wahyudi, I., Suherman, E., & Anggel, F. P. (2023). Efektivitas Program Pelatihan Tenaga Kerja Dalam Upaya Mengurangi Jumlah Pengangguran Pada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi. Managemen Studies and Enterpreneurship Journal, 4(5). Retrieved from https://s.id/24w0Q

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar danModel-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media. Retrieved from https://fondby.com/03ah

Widyastuti, N. (2023). Analisis Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan, Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Proklamasi 45. Journal of Management and Social Sciences (JMSC), 1(4). Retrieved from https://s.id/24w1C

Zahra, D. M., Zain, A. F., & Putri, N. A. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Menumbuhkan Jiwa Enterpreneurship Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). Retrieved from https://s.id/24w1o

Published

2024-11-08

How to Cite

Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Masyarakat Desa Bedoyo. (2024). Excess : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 1(02), 1-13. https://fe.ugk.ac.id/index.php/excess/article/view/10